SMP/MTs : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : 7/ Genap
Standar Kompetensi : 7. Mendengarkan
Memahami
makna dalam percakapan tansak-sional dan interpersonal sangat sederhana
ujntuk berinteraksi dengan lingkujngan terdekat.
Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
saangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang serta meminta dan
memberi fakta.
Indikator : 7.1.1 Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa.
7.1.2 Merespon ungkapan meminta dan memberi barang.
7.1.3 Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta.
Jenis teks : Transaksional / Interpersonal
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. merespon ungkapan menerima pemberian jasa.
b. merespon ungkapan permintaan jasa.
c. merespon ungkapan permintaan barang
d. merespon ungkapan pemberian barang
e. merespon ungkapan permintaan fakta
f. merespon ungkapan pemberian fakta
B. Materi Pembelajaran
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan singkat berikut:
1) A : Pass me the salt, please.
B : Sure, here you are.
2) A : Can I have the key, please!
B : Sure, here it is.
3) A : Do you always have your dinner here?
B : Sometimes.
b. Kosakata terkait tema/jenis teks.
Misalnya:
noun (countable and uncountable nouns), like, salt, sugar, pepper, jam,
sauce, key, note-book, pen, pencil, marker, etc.
c. Verbs : pass, have, has, do, give, come, etc.
d. To be : is, am, are.
e. Personal pronouns : I, you, we, they, he, she, it.
f. Ungkapan baku : here you are, here it is, thanks, sure, certainly, sorry, okey.
g. Adverbs : sometimes, never, always, usually, etc.
C. Metode Pembelajaran / Teknik : Three Phases Techniques.
D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan pendahuluan
1) Tanya jawab berbagai hal terkait dengan situasi siswa.
2) Siswa menjawab pertanyaan tentang permintaan dan pemberian.
3) Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
b. Kegiatan Inti
1) Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
2) Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar.
3) Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
4) Mendengarkan
percakapan tentang permintaan dan pemberian jasa, permintaan dan
pemberian barang serta permintaan dan pemberian fakta.
5) Mengidentifikasi informasi dari text yang didengar secara berkelompok.
6) Mendapat informasi tertentu dari percakapan yang didengar.
7) Merespon ungkapan-ungkapan tertentu dari percakapan secara indifidual
8) Melakukan perintah yang diucapkan guru.
c. Kegiatan Penutup
1) Menanyakkan kesulitan siswa selama PBM.
2) Menyimpulkan materi pembelajaran.
3) Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan dalam situasi real.
E. Sumber Belajar
a. Buku Text, Let’s Talk Kelas 7 Halaman …… Bahasa Inggris Buku teks yang relevan.
b. Script / Rekaman percakapan.
c. Gambar-gambar yang relevan.
F. Penilaian
a. Teknik : Lisan.
b. Bentuk : Pertanyaan lisan.
c. Instrumen:
I. Listen to the expression and give your response orally!
1. What do you have for breakfast?
2. Can you tell me some food that you know?
3. Do you like to have dinner out?
4. Where is your favorite place?
5. What is your favorite food?
6. Can you clean the board, please?
7. Show me your work!
8. Pass me the menu, please!
II. Listen to the teacher. Write what he/she says. Choose the response in the box below.
1. Ari : ……………………
Bagus : Sure.
2. Anne : I’m returning the pen.
Dita : …………………….
3. Mr. Gultom : ………………
Wayan : Yes, sir
4. Ketut : Can I borrow your pen, please?
Putri : ……………………
5. David : ……………………..
Listy : Sure
6. Doni : Hi, Lisa. Lend me your pen, please.
a. Sure, here you are
b. Open the door, please.
c. Take it in my schoolbag.
d. Put in here.
e. Hold the books for me, please.
f. Clean the board, Wayan!
III. Complete the dialogue with the expressions that you hear from the cassette.
1. Lisa : Ratih, is this your new workbook?
Ratih : a). ……………………………….
Lisa : Can I see it?
Ratih : b). …………………………………
Lisa : Thanks.
2. Father : a). ……………………………….
Vita : Yes, Dad.
Father : b). ……………………………….
Vita : Where is it?
Father : c). ……………………………….
Vita : Yes, I got it.
Father : Thank you.
Script :
Dialog 1
Lisa : Ratih, is this your new work book?
Ratih : Yes, it is.
Lisa : Can I see it?
Ratih : Thanks.
Dialog 2
Father : Vit, can you help me, please?
Vita : Yes, Dad.
Father : Get me the newspaper.
Vita : Where is it?
Father : Emm…. May be it’s on the table.
Vita : Yes, I got it.
Father : Thank you.
- Pedoman Penilaian:
a. Tiap nomor benar diberi skor 3
b. Skor maksimal : 20 X 3 = 60
c. Nilai maksimal : 100
d. Nilai siswa : Skor Perolehan
——————— X 100
Skor maksimal
- Rubrik Penilaian:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
I s.d. III
|
Setiap jawaban benar, ungkapan tepat
Setiap jawaban kurang benar
Setiap jawa ban tidak benar
Tidak ada jawaban
|
3
2
1
0
|
………………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
…………………… ……………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP : SMP …………..
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII /2
Standar Kompetensi
: 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat.
Kompetensi Dasar
: 9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang dan meminta dan
memberi fakta
Indikator : Bertanya dan menjawab berbagai informasi
9.1.1 Meminta dan memberi jasa
9.1.2 Meminta dan memberi barang
9.1.3 Meminta dan memberi fakta
Jenis teks : Teks fungsional pendek
Aspek/ Skill : Speaking
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengungkapkan tentang meminta jasa
b. Mengungkapkan tentang memberi jasa
c. Mengungkapkan tentang meminta barang
d. Mengungkapkan tentang memberi barang
e. Mengungkapkan tentang meminta fakta
f. Mengungkapkan tentang memberi fakta
B. Materi Pembelajaran :
a. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan :
X : Pass me the pencil, please.
Y : Sure, here you are.
A : Give me the paper, please.
B : Certainly, here it is
b. Kosa kata yang terkait
Noun : Salt, paper, sugar, dictionary
Adjective : Beautiful, handsome, clever
Verbs : pass, give, put, take, clean, open, close
Adverb : Well, beautifully, carefully, slowly
Responses : Sure, alright, Ok, certainly
Personal pronoun as object : you, me, us, them, him, her
C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique
D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
– Greeting, call the roll
– Siswa merespon pertanyaan tentang materi terkait
b. Kegiatan Inti :
1. Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks
2. Membahas kosa kata dari tata bahasa noun, adjective, adverb, nounpharse
3. Mendengarkan ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru
4. Menirukan ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru
5. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
6. Merespon ungkapan-ungkapan meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, meminta dan memberi fakta.
7. Berlatih dengan teman menggunakan ungkapan-ungkapan dalam percakapan sesuai materi
8. Merespon ungkapan yang diucapkan guru
c. Kegiatan Penutup :
§ Menanyakan kesulitan siswa selama proses pembelajaran
§ Menyimpulkan materi pembelajaran
§ Menugaskan siswa untuk membuat teks yang telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya
E. Sumber Belajar :
· Buku teks yang relevan (judul, pengarang, penerbit, tahun, hal)
· Script percakapan/rekaman percakapan
· Gamba-gambar yang relevan
F. Penilaian :
a. Teknik : teks lisan
b. Bentuk : performance, merespon ungkapan
c. Instrumen :
I. Listen the expression and give your response orally !
1. Get me a disctionary, please.
………………………………
2. May I borrow your pencil, please.
………………………………..
3. Close the door, please.
……………………………….
4. Can you lend me your umbrella, please.
…………………………………
5. Open the window, please.
………………………………..
II. II. Perform the dialogue with your friend in front of the class
1. Ratih : Good morning, mam
Librarian : Good morning. Can I help you, Ratih ?
Ratih : Oh, yes. I like to written this book.
Librarian : Put it here, please.
Ratih : Thanks, mam.
2. Lisa : Hi, Doni. Do you need any help ?
Doni : Hi, lisa. Yes, lend me your pen, please ?
Lisa ; Sure. here you are
Doni : That very kind of you
Lisa : You are well come
3. Wati : Good afternoon, Ms Tris. I’ m hungry.
Ms.Tris : Good afternoon, Wati. What do you want to eat ?
Wait : Can I have a bowl of soup, please ?
Ms.Tris : Of course. Sit down and wait a minutes, please.
Wati : Thank you.
III. Perform based on the instructions given!
1) Ask your partner to put his/her book into his/her bag.
2) Ask your friend to close the door.
3) Ask your friend to open the door
4) Ask your partner to write his/her name on the board.
5) Ask your partner to clean the board.
d. Pedoman Penilaian
1. Untuk I : Tiap jawaban benar score : 2
2. Untuk II : – Pengucapan, score max : 5
- Penampilan, score max : 3
- Intonasi, score max : 2
3 Untuk III : – Ungkapan benar, score max : 5
- Penampilan, score max : 3
- Intonasi, score max : 2
3. Jumlah score max I : 5 x 2 = 10
II : = 10
III : = 10
30
4.. Nilai max : 100
5. Nilai siswa : Skor perolehan X 10 = N
3
………………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
…………………… ……………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP : SMP Negeri …………
Mata Pembelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII /2
Standar Kompetensi : Membaca
Memahami
makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar
: 11.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat.
Indikator : – Mengidentifikasi berbagai informasi dalm teks funsional pendek :
· Instruksi
· Daftar barang
· Ucapan selamat
· Pengumuman
Jenis teks : Fungsional pendek
Aspek/ Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa instruksi
b. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa daftar barang
c. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa ucapan selamat
d. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berupa pengumuman
e. Merespon berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
f. Membaca nyaring teks fungsional pendek
B. Materi Pembelajaran :
a. Teks fungsional pendek yang memuat
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan selamat
- Pengumuman
Contoh :
Tina : Hello, Ron! Happy birthday to you
Roni : Thank you.
Les’t go to the school canteen to get some food and drink.
Today I’ll treat you.
Tina : Okay
b. Kosa kata terkait tema / jenis teks.
c. Ungkapan Selamat
C. Metode Pembelajaran / Tehnik : Three phase technique
D. Langkah-langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
- Siswa menjawab pertanyaan tentang makanan yanng di sukai.
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan berbagai contoh teks.
2. Siswa mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks yang berupa :
- Instruksi
- Daftar barang
- Ucapan Selamat
- Pengumuman
3. Membahas kosakata dan tata bahasa : noun, noun phrases, adjective, verb, adverb.
4. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
5. berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan bacaan.
6. Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan individual
7. Membaca nyaring bergiliran
c. Kegiatan Penutup :
a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
b. Menyimpulkan materi pembelajaran
c. Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya
E. Sumber Belajar :
· Buku teks yang relevan
· Teks Otentik
F. Penilaian :
a. Teknik : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis
b. Bentuk : – Performance
- Pertanyaan lisan dan tulis
c. Instrumen :
1. Read the texts given and then identify orally :
a. The instruction
b. The things
c. Words / phrases expressing congratulations
d. Annouccment
2. Answer the following question based on the dialogue
a. Who celebrates the birthday ?
b. Where do they go to get some food any drink ?
c. What does Tina say to congratulation Roni ?
d. What is Roni’s response when Tina congratulation ?
3. Read the text no.2 aloud !
d. Pedoman Penilaian Untuk Reading Aloud ( Text no.2 )
|
X 100
|
e. Rubrik Penilaian
No
|
Name
|
Pronunciation
|
Intonation
|
Stressing
|
Fluency
|
Loudness
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor :
- Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran baik : 5
- Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran cukup baik : 4
- Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran kurang baik : 3
- Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran tidak baik : 2
- Ucapan, intonasi, tekanan, kelancaran sangat tidak baik : 1
Keterangan:
Baik : 21 – 25
Cukup Baik : 16 – 20
Kurang Baik : 11 – 15
Tidak Baik : 6 – 10
Sangat Tidak Baik : 1 – 5
………………………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
…………………… ……………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP / MTS : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 7/ Genap
Standar Kompetensi : 10 Berbicara
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat
sederhana berbentuk deskriptif dan prosedur untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog
pendek sangat sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat ,lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkun
gan terdekat dalam teks berbentukdeskriptif dan
prosedur.
Indikator :10.2.1 Mengungkapkan berbagai informasidalam teks
monolog berbentuk deskriptif
10.2.2 Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang
didengar.
10.2.3 Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang
didengar.
10.2.4 Melakukan monolog dalam bentuk descriptive.
Jenis Teks : Descriptive
Aspek/ Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 4×40 Menit
A.Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk descriptive
b.Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar.
c.Menyebutkan ciri kebahasaan teks yang didengar.
d.Melakukan monolog dalam bentuk descriptive.
B.Materi Pembelajaran :
a.teks monolog berbentuk descriptive.
Hello friends,
My name is Adam, A_D_A_M.
I am a student . I am twelve years old.
I am in the first year of Junior High School.
b.Kosa kata terkait tema atau jenis teks.
Misalnya : name , student, old dsb.
c.Ciri Kebahasaan teks deskriptif
Penggunaan to be ( is , am, are )
Penggunaan Simple Present Tense
C. Metode Pembelajaran / Tehnik :Three Phase Technigue
D. Langkah – Langkah Kegiatan :
a. Kegiatan Pendahuluan
Mendengarkan dan merespon berbagai hal tentang teks descriptive.
b. Kegiatan inti ;
1. Mendengarkan model monologue lisan tentang teks descriptive
2. Melakukan monolgue lisan secara individu
c. Kegiatan Penutup ;
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam melakukan monologue lisan tentang teks
descriptive.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan siswa untuk membuat teks descritiptive salah seorang temannya
E. Sumber belajar;;;
1. Buku Bahasa Inggris LETS TALK kelas VII
2. Koran /Majalah
F. Penilaian ;
a. Teknik ; tes lisan
b. Bentuk ; Perfomance
c. Instrumen ; Introduceyourself in front of the class
d. Pedoman penilaian ;
Skor perolehan
—————— x 100
Skor maksimal
e. Rubrik penilaian ;
NO
|
NAME
|
PRONOUNCIATION
|
INTONATION
|
GRAMMAR
|
FLUENCY
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan ;
a. Baik ; 21-25
b. Cukup baik ; 16-20
c. Kurang baik ; 11-15
d. Tidak baik ; 6-10
e. Sangat tidak baik ; 1-5
Guru Mapel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAR AN
( RPP)
SMP : SMP
Mata Pembelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : 7/2
Standar Kompetensi : 12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan
esay pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat .
Kompetensi Dasar : 12.2. Mengungkapkan dan langkah retorika dalam esay
pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat,lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive / procedure.
Indikator : # Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks
descriptive/procedure.
# Mengidentifikasi ciri – ciri kebahasaan teks deskriptif/
prosedur.
# Mengidentifikasi langkah – langkah retorika teks
desriptive/prosedur.
Jenis Teks : Procedure
Aspek / skill : Menulis
Alokasi Waktu : 8x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat menemukan :
1. Mengidentifikasi berbagai informasi rinci dalam teks descriptive / procedure.
2. Mengidentifikasi stuktur kalimat yang merupkan ciri khas teks descriptive /
Procedure.
3. Mengidentifikasi langkah retorika teks descriptive / procedure .
B. Materi Pelajaran
Teks monolog deskriptif / prosedur
Contoh teks procedure :
Making an omelet
Ingredients :
2 egg
Pinch salt and pepper
Pinch red chilly finely slied
Steps:
Beat eggs in a bowl
Add seasoning and redchilly
Fry it in the frying pan
Cut the omelet small pieces
C. Metode / Tehnik : Three Phase Technique
D. Langkah- langkah
Kegiatan Awal
# Salam atau greeting
# Mengecek kehadiran siswa
# Apersepsi
Kegiatan Inti
1. Review struktur kalimat yang merupakan ciri teks descrptive / procedure
2.Memberikan contoh berbagai macam teks
3.Membahas kosa – kata dan tata bahasa : noun , noun phrase ,adjective,verb,
Adverb.
Kegiatan Akhir
1.Menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami teks yang
Diberikan.
2.Membuat simpulan / penegasan tentang materi yang baru dipelajari.
3 Pemberian tugas / PR
E. Sumber Belajar
Buku pelajaran Bahasa Inggris ~LET`S TALK ` kelas VII
F. Penilaian
1.Tehnik :Tes tertulis
2.Bentuk: Product ,Fortofolio
Yogyakarta, 8 Juni 2007
Guru Mapel,
Ditulis dalam Uncategorized
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Hai Sobat Bloggerrr.....???!!!
Jika sudah membaca artikel Saya,
Jangan lupa tinggalkan komentar , yahh...???
Terimakasih ^_^ .