STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAH RAGA DAN KESEHATAN
TINGKAT SMP/MTs
Oleh : Solikan,S.Pd
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari
pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek
kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis,
keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral,
aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui
aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan
secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan
sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup,
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah
memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar
melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang
dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu
diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang
lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang
hayat.
Pendidikan
memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap
tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia
dan dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan
perkembangan zaman.
Selama
ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan
yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini
telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi
pekerti, seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang
komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong
pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik,
pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai
(sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan
pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan
perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.
B. Tujuan
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas
jasmani dan olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai
yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk jenjang SMP / MTs adalah sebagai berikut.
1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2. Aktivitas
pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran
jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3. Aktivitas
senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat,
ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6. Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7. Kesehatan,
meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,
khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat
lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah
dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan
aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik,
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik ,
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
1.3
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta
nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri
dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan. **)
|
1.4
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
olahraga bela diri dengan koordinasi yang baik serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
| |
2. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan daya tahan otot serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru , serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
3. Mempraktikkan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
3.1
Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu
pada kaki , serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab
3.2
Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu
selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab
|
4 Mempraktikkan senam irama tanpa alat , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1
Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki
mengikuti irama , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan
keluwesan
4.2
Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun
satu lengan mengikuti irama , serta nilai kedisiplinan, estetika,
toleransi dan keluwesan
|
5. Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang gaya dada , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3
Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan, dan
pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
6.
Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan
sekolah , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
|
6.1
Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda
perkemahan, mempraktikkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan
di lingkungan sekolah secara beregu , serta nilai kerjasama, tanggung
jawab dan tenggang rasa
6.2 Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerja sama, tanggung jawab dan tenggang rasa
|
7. Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1 Memahami pola makan sehat
7.2 Memahami perlunya keseimbangan gizi
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
8.1
Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola besar
beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan
masalah, menghargai teman dan keberanian**)
8.2
Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olahraga bola kecil
beregu dan perorangan , serta nilai kerjasama, kejujuran, dan
menghormati lawan**)
8.3
Mempraktikkan teknik dasar perorangan lanjutan atletik , serta nilai
disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran**)
8.4
Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga
perorangan beladiri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya
diri dan menghormati lawan**)
|
9. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan keseimbangan serta nilai disiplin dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan jenis latihan kecepatan dan kelincahan serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
10. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
10.1 Mempraktikkan teknik dasar gerak guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
10.2 Mempraktikkan teknik dasar guling belakang serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab
|
11. Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
11.1
Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat gerak mengayun dua
lengan mengikuti irama , serta nilai disiplin, estetika toleransi dan
keluwesan
|
11.2
Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat dengan melangkah
dan mengayun , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
| |
12. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas , dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
12.1 Mempraktikkan koordinasi gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.2
Mempraktikkan koordinasi gerakan lengan dan pernapasan renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.3 Mempraktikkan koordinasi renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
13. Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami berbagai penyakit menular seksual (PMS)
13.2 Memahami cara menghindari penyakit menular seksual
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1
Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.2
Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.3
Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga atletik
lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan **)
|
1.4
Mempraktikkan teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela
diri lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
| |
2. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1
Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian
atas dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2
Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggauta badan bagian
bawah dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
3. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep
yang serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling lenting serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
4. Mempraktikkan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1
Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan tongkat atau
simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah serta
nilai disiplin, toleransi dan estetika
4.2
Mempraktikkan kombinasi gerakan mengayun/memutar ke berbagai arah
dengan gerak melangkah serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan
gerak, dan estetika
|
5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
6. Menerapkan budaya hidup sehat
|
6.1 Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak budaya seks bebas
|

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Hai Sobat Bloggerrr.....???!!!
Jika sudah membaca artikel Saya,
Jangan lupa tinggalkan komentar , yahh...???
Terimakasih ^_^ .